Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Regresi Logistik Biner dalam Klasifikasi Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dampak Covid-19

Sosiawati, Mutiara Amazona (2023) Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Regresi Logistik Biner dalam Klasifikasi Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dampak Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_MUTIARA_AMAZONA_SOSIAWATI_18337057_5239_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masuknya kasus Covid-19 membawa dampak yang sangat besar bagi perekonomian Negara. Tidak hanya kota-kota besar yang merasakan dampak tersebut, melainkan juga di pedesaan. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang kebijakan keuangan negara, dana desa dapat digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai kepada penduduk miskin yang ada di desa, yang disebut BLT DD. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada saat penyaluran bantuan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu masyarakat dan salah satu perangkat desa di Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar, bahwa penetapan penerima bantuan belum tepat sasaran, ada yang harusnya menerima tetapi tidak menerima dan ada yang tidak menerima tetapi menerima. Sehingga, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, penerima bantuan tersebut perlu untuk di klasifikasikan dan ditelaah ulang supaya masyarakat yang ditetapkan sebagai penerima adalah penerima bantuan yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan metode yang dapat mengukur tingkat klasifikasi dari data BLT DD dengan tepat dan akurat yaitu dengan menggunakan metode Naïve Bayes dan Regresi Logistik Biner. Kedua metode ini tepat digunakan karena keduanya sama-sama baik dalam pengklasifikasian data dalam jumlah yang besar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh langsung dari Kantor Wali Nagari Barulak dan Kantor Wali Nagari Tanjung Alam. Data tersebut merupakan data penduduk miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahtersaan Sosial pada Tahun 2022. Dalam klasifikasi data dibagi menjadi data training dan data testing dengan masing-masing 80% dan 20% Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Naïve Bayes diperoleh hasil akurasi sebesar dan eror sebesar. Sedangkan pada metode Regresi Logistik Biner didapatkan hasil akurasi sebesar dan eror sebesar . dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Regresi Logistik Biner lebih baik digunakan dalam mengukur ketepatan klasifikasi pada penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorZilrahmi, ZilrahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN REGRESI LOGISTIK BINER
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:44
Last Modified: 07 Dec 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48885

Actions (login required)

View Item View Item