Efektivitas Cuka Salak Sidempuan (Salacca Sumatrana Becc.) Terhadap Perbaikan Degenerasi Ginjal Mencit (Mus Musculus L.) Jantan Hiperurisemia

Novita, Okta Diana (2023) Efektivitas Cuka Salak Sidempuan (Salacca Sumatrana Becc.) Terhadap Perbaikan Degenerasi Ginjal Mencit (Mus Musculus L.) Jantan Hiperurisemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_OKTA_DIANA_NOVITA_19032036_5180_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Asam urat adalah hasil produk dari metabolisme purin dalam tubuh. Apabila produksi asam urat melebihi batas normal, maka dapat menjadi radikal bebas dalam tubuh. Cuka salak mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat reaksi radikal bebas di dalam tubuh sehingga dapat diredam dan tidak merusak sel tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas cuka salak sidempuan terhadap perbaikan degenerasi ginjal mencit jantan hiperurisemia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode RAL dengan 5 kelompok perlakuan dan 5 pengulangan pada setiap kelompok. Kelompok perlakuan terdiri dari K- (diet normal), K+ (diet tinggi asam urat tanpa pemberian cuka salak sidempuan), P1 (diet tinggi asam urat + cuka salak sidempuan 0,2 ml), P2 (diet tinggi asam urat + cuka salak sidempuan 0,4 ml), dan P3 (diet tinggi asam urat + cuka salak sidempuan 0,8 ml). Hasil penelitian, kemudian diberi skoring dan diuji statistik menggunakan uji Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan histologi ginjal mencit jantan hiperurisemia setelah diberi perlakuan dengan pemberian cuka salak yaitu kerusakan ginjal yang bersifat difusa dapat diperbaiki menjadi bersifat fokal. Pada kelompok K+ ditemukan degenerasi melemak dan nekrosis bersifat difusa, kelompok P1 ditemukan degenerasi melemak dan nekrosis bersifat multifokal dan difusa, kelompok P2 ditemukan degenerasi melemak dan nekrosis bersifat fokal dan multifokal, dan kelompok P3 ditemukan degenerasi melemak dan nekrosis bersifat fokal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemberian cuka salak sidempuan mampu memperbaiki degenerasi ginjal mencit jantan hiperurisemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS CUKA SALAK SIDEMPUAN (Salacca sumatrana Becc.)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:31
Last Modified: 07 Dec 2023 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48858

Actions (login required)

View Item View Item