Khorianisa, Khorianisa
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Alat Ukur Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK 2 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Variasi pembelajaran sangatlah dibutuhkan kreativitas model pembelajaran yang memiliki berbagai macam variasi yang tidak terlepas dari media dan bahan ajar yang digunakan. Penggunaan media berbasis augmented reality untuk mata pelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi sangat membantu dalam proses pembelajaran yang banyak menggunakan alat-alat pratikum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media berbasis augmented reality yang menarik dan inovatif untuk membantu meningkatkan keaktifan siswa dalam materi alat ukur pada mata pelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, dengan menggunakan teknologi augmented reality yang menggabungkan antara materi dan 3D modelling didalamnya. Dalam pengembangan media pembelajaran penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam pembuatan aplikasi menggunakan beberapa software diantaranya Unity 3D, Vuforia Engine, 30 Blender, Figma, serta software lainnya yang dijalankan pada perangkat android. Pengembangan ini mengahasilkan sebuah aplikasi android pada materi alat ukur jaringan mata pelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi yang didalamnya terdapat, materi pembelajaran, ATP (Alur Tujuan Pembeljaran), materi panduan penggunaan dan pemeliharaan alat ukur, video simulasi alat ukur, quiz, dan ar kamera yang dapat memunculkan objek 3D alat ukur jaringan komputer.
Actions (login required)
|
View Item |