Pengelolaan Lingkungan Akibat Aktivitas Penambangan Clay di Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Defita, Nila Rahmad (2023) Pengelolaan Lingkungan Akibat Aktivitas Penambangan Clay di Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_NILA_RAHMAD_DEFITA_21168021_5460_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan memicu timbulnya kerusakan lingkungan yang berawal dari perubahan topografi dan hilangnya tutupan vegetasi. Kelurahan Gunung Sarik merupakan salah satu kelurahan yang memiliki potensi sumberdaya alam untuk ditambang. Potensi penambangan di Kelurahan Gunung Sarik adalah dalam bentuk mineral galian C, yaitu clay atau biasa disebut tanah liat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan lingkungan akibat aktivitas penambangan clay, serta menentukan strategi pengelolaan lingkungan untuk menjaga kelestarian Kawasan Gunung Sarik di Kecamatan Kuranji. Penelitian ini menggunakan metode survai sebagai alat pengumpul data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan mengambil data secara langsung di lapangan baik dari aspek abiotik, biotik dan kultural. Identifikasi kerusakan lingkungan dilakukan melalui observasi tiga komponen aspek lingkungan tersebut. Analisis tingkat kerusakan lingkungan Gunung Sarik dan presepsi masyarakat dilakukan secara metode pengharkatan. Kombinasi hasil analisis tersebut digunakan untuk merumuskan strategi pengelolaan lingkungan. Hasil analisis tingkat kerusakan lingkungan pada aspek abiotik dan biotik di Kawasan Gunung Sarik yaitu kelas II dengan kategori kerusakan sedang dan pada aspek kultural juga termasuk kedalam kategori kerusakan sedang. Strategi pengelolaan lingkungan yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dimana hasil analisis tersebut yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya, dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman, memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:22
Last Modified: 07 Dec 2023 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48852

Actions (login required)

View Item View Item