Analisis Tingkat Kematangan Kinerja (TKK) Pengelolaan Keselamatan Lingkungan Kerja Pertambangan. Program Studi Ilmu Lingkungan

Mapanta, Jerri (2023) Analisis Tingkat Kematangan Kinerja (TKK) Pengelolaan Keselamatan Lingkungan Kerja Pertambangan. Program Studi Ilmu Lingkungan. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_03_JERRI_MAPANTA_21168018_4064_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan Keselamatan Pertambangan merupakan bagian dari Manajemen Resiko, jika kita kaitkan dengan Ilmu Lingkungan yang didalamnya ada unsur ABC (Abiotik, Biotik, Culture), maka pengelolaan Keselamatan Pertambangan merupakan cara untuk menjaga harmonisasi lingkungan, yaitu antara Abiotik, Biotik dan Culture. Pengelolaan Keselamatan harus memperhatikan dan mengendalikan Bahaya yang didalamnya ada unsur Abiotik dan Biotik, serta ada unsur Culture yang merupakan budaya atau sistem dari Keselamatan. Data kejadian/incident di tahun 2021 dan 2022 di PT HMSI Site KJA, memperlihatkan bahwa masih ada kejadian menimbulkan korban, dengan kategori kejadian yaitu First Aid Injury (5 kasus) dan Minor Damage (7 kasus). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menentukan kriteria yang mempengaruhi tingkat kematangan kinerja (TKK), mengukur dan menganalisis tingkat kematangan kinerja (TKK) pengelolaan lingkungan kerja pertambangan di PT HMSI Site KJA berdasarkan hasil pengukuran dan merekomendasikan hasil analisis dari pengukuran kepada PT HMSI Site KJA. Berdasarkan temuan, pembahasan dan analisa, maka dapat diambil kesimpulan, sebagai berikut; (1) kriteria yang mempengaruhi TKK, yaitu berdasarkan Partisipasi Pekerja, Tanggung Jawab Pimpinan Unit, Analisa Kecelakaan dan Pengendalian Bahaya, (2) hasil penelitian dan pengukuran TKK pengelolaan keselamatan lingkungan Pertambangan di PT HMSI Site KJA, diperoleh hasil pada Tingkat Terencana, yaitu; telah terdapat sistem yang terencana dan dikembangkan, namun hanya berfokus terhadap penurunan angka kecelakaan, kejadian berbahaya, kejadian akibat penyakit tenaga kerja, dan Penyakit Akibat Kerja; dan fokus hanya pada penerapan program Keselamatan Pertambangan yang telah direncanakan, (3) hasil penelitian ini merupakan salah satu metoda bagi Perusahaan untuk melakukan pengukuran Tingkat Kematangan Kinerja (TKK) Keselamatan Pertambangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorCarlo, NasfryzalUNSPECIFIED
CorrectorHeldi, HeldiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:12
Last Modified: 07 Dec 2023 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48849

Actions (login required)

View Item View Item