Isolasi dan Uji Aktivitas Antimikroba Cendawan Endofit dari Trikoma Tumbuhan Pakis Simpei (Cibotium baromets (L.) J. Sm)

Ramadhanti, Nia (2023) Isolasi dan Uji Aktivitas Antimikroba Cendawan Endofit dari Trikoma Tumbuhan Pakis Simpei (Cibotium baromets (L.) J. Sm). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NIA_RAMADHANTI_19032030_2884_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Resistensi antibiotik menjadi masalah di negara maju dan berkembang yang menyebabkan penurunan kemampuan antibiotik dalam pengobatan penyakit dan meningkatkan angka kematian. Solusi yang dapat diambil adalah mencari sumber antibiotik baru dari berbagai tanaman obat. Pakis simpei (Cibotium barometz (L.) J. Sm) merupakan kandidat sumber antibiotik yang baik, namun belum dibudidayakan. Oleh karena itu, pemanfaatan cendawan endofit dari berbagai bagian tumbuhan pakis simpei merupakan alternatif solusi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan menguji aktivitas antimikroba cendawan endofit dari trikoma pakis simpei. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dilaksanakan dari Juni-Desember 2022 di Laboratorium Terpadu Departemen Biologi, FMIPA, UNP. Sampel trikoma pakis simpei diperoleh dari Nagari Aka Barayun, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Isolasi cendawan endofit trikoma pakis simpei menggunakan metode Direct Planting. Identifikasi cendawan berdasarkan karakteristik makroskopis dan mikroskopis. Uji aktivitas antimikroba menggunakan metode difusi agar padat dengan mikroba uji Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Candida albicans. Enam isolat cendawan endofit dari trikoma pakis simpei dengan morfologi berbeda berhasil diisolasi. Dua isolat termasuk genus Penicillium, 2 isolat termasuk Trichoderma, 1 isolat termasuk genus Fusarium dan 1 isolat belum dapat diidentifikasi sampai tingkat genus karena morfologi mikroskopis yang teramati tidak menunjang identifikasi lebih lanjut. Semua isolat mampu menghambat pertumbuhan E. coli dan S. aureus sedangkan hanya isolat TK 1 dan TK 2 yang mampu menghambat pertumbuhan C. albicans. Oleh karena itu dapat disimpulkan ada 6 isolat cendawan endofit dari trikoma tumbuhan pakis simpei dan hampir semua isolat memiliki aktivitas antimikroba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA CENDAWAN ENDOFIT
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:41
Last Modified: 07 Dec 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48836

Actions (login required)

View Item View Item