Rahmi, Rahmi
(2023)
Profil Interaksi Sosial Siswa di SMA Adabiah 2 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan yang dinamis dan menyangkut hubungan
antar individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.
Interaksi yang baik antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa dapat
menciptakan hubungan yang harmonis dan hangat. Penelitian ini dilatarbelakangi
ole fenomena adanya siswa yang mengalami masala interaksi sosial di SMA
Adabia 2 Padang yaitu siswa tidak memperhatikan saat guru sedang mengajar, ,
ketika berbicara siswa menggunakan kata atau kalimat yang kurang sopan, saat
jam istirahat siswa lebih memilih duduk menyendiri daripada berinteraksi dengan
teman-temannya, adanya siswa yang walaupun duduk berkelompok tetapi sibuk
dengan aktivitas masing-masing, ketika dinasehati oleh guru siswa tidak terima
dan melawan kepada guru dan adanya siswa yang meribut didalam kelas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Adabiah 2 Padang
sebanyak 414 siswa dengan sampel 204 siswa yang merupakan siswa kelas X dan
XI. Penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling.
Instrument Penelitian ini dengan menggunakan angket model skala likert. Data
dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Interaksi sosial siswa secara
keseran berada pada kategori baik dengan persentase 71,1%. (2) Berdasarkan pada
aspek-aspek interaksi sosial yaitu interaksi sosial siswa berdasarkan aspek
komunikasi berada pada kategori baik dengan persentase 60,8%, interaksi sosial
siswa berdasarkan aspek sikap berada pada kategori baik dengan persentase
63,7% dan interaksi sosial siswa berdasarkan aspek tingkah laku kelompok berada
pada kategori baik dengan persentase 55,4%.Berdasarkan temuan penelitian ini
diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan berupa layanan informasi,
layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |