Lathifa, Auladina
(2023)
Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.
Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Pertiwi 1 Padang yaitu rendahnya kepercayaan diri yang dimiliki siswa dalam belajar, ini ditunjukkan pada proses belajar mengajar di kelas terdapat siswa yang enggan
untuk merespon guru, merasa cemas, dan merasa rendah diri ketika akan mengeluarkan pendapat dan apabila dihadapkan pada kondisi ini siswa mudah bingung dan akhirnya menarik diri dari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan gambaran kepercayaan diri siswa, mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen, mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa kelompok kontrol dan menganalisis perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen melalui konseling kelompok REBT dengan kelompok kontrol tanpa konseling kelompok REBT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi exsperiment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari
10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol.
Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel dengan
teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu angket kepercayaan diri siswa dengan pengukuran menggunakan Skala likert, data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan gambaran kepercayaan diri siswa SMA Pertiwi 1 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase 76,6%. Tingkat
kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan konseling kelompok REBT rata-rata 72,2 pada kategori rendah dan meningkat menjadi 125,6 pada kategori tinggi setelah diberikan konseling kelompok REBT. Tingkat kepercayaan diri siswa kelompok kontrol sebelum diberikan konseling kelompok
tanpa REBT 84,5 pada kategori rendah dan meningkat menjadi 104,7 pada kategori sedang setelah diberikan konseling kelompok tanpa REBT. Adanya perbedaan yang signifikan terlihat dari skor probabilitas di bawah 0,05 (0,001 < 0,05) dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang diberikan konseling kelompok REBT dengan kelompok kontrol diberikan konseling kelompok tanpa REBT. Berdasarkan
paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok REBT efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa jurusan MIPA.
Actions (login required)
|
View Item |