Putra, Ahmadi Fernandes
(2023)
Kualitas Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Persepsi Wajib Pajak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan
pajak di KPP Pratama Padang Satu. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan
Pajak Pratama Padang Satu yang bertempat di Jl.Bagindo Aziz Chan No.26
Sawahan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi dan
wajib pajak badan. Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus
Slovin sehingga diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah Probability Sampling, dengan menggunakan metode
Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif Tingkat Capaian Responden (TCR) dengan presentase yang didapat
85% dari 8.016 skor yang diperoleh.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpajakan dari 5
indikator dimensi service quality (Tangibels, Reliability, Responsiveness,
Assurance, dan Empathy) berdasarkan sampel yang diperoleh dari wajib pajak
dikategorikan baik, namun kualitas pelayanan perlu ditingkatkan lagi untuk
mendapatkan hasil yang lebih maksimal, agar Kantor Pelayanan Pajak Pratama
Padang Satu mampu memberikan jasa pelayanan yang terbaik terhadap wajib
pajak.
Actions (login required)
|
View Item |