Pengembangan E-Book Mata Pelajaran Dasar Pekerjaan lektromekanik Berbasis Student Facilitator and Explaininng Sekolah Menengah Kejuruan

Muhshanah, April (2023) Pengembangan E-Book Mata Pelajaran Dasar Pekerjaan lektromekanik Berbasis Student Facilitator and Explaininng Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_APRIL_MUHSHANAH_16063075_6816_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang masih minim dan model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan e-book mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaininng yang valid, praktis dan efektiv. Jenis penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 1 Kerinci. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi berupa angket untuk data validitas dan pratikalitas, sedangkan tes objektif digunakan untuk data efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji validitas e-book Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menggunakan model pembelajaran SFAE sudah diuji dan dinyatakan valid. (2) uji pratikalitas e-book Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menggunakan model pembelajaran SFAE sudah diuji dan dinyatakan praktis. (3) uji efektivitas e-book Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menggunakan model pembelajaran SFAE sudah diuji dan dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa e-book mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining layak disebarkan karena sudah dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCandra, OrizaUNSPECIFIED
CorrectorMyori, Dwiprima ElvannyUNSPECIFIED
CorrectorIslami, SyaifulUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:23
Last Modified: 07 Dec 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48784

Actions (login required)

View Item View Item