Ningrum, Mutiara Pardini
(2023)
Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Teks Puisi di Kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks puisi di kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah berupa kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia SMAN 1 Ranah Pesisir dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini adalah seluruh tuturan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir pada saat proses belajar mengajar dari awal sampai akhir. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi partisipan pasif. Teknik pengabsahan data penelitian ini adalah teknik ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada lima tahapan, yaitu transkrip data, identifikasi data, pengelompokkan, analisis data, dan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, lima bentuk tindak t
utur direktif yang ditemukan pada guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks puisi di kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, yaitu tindak tutur direktif menyuruh, tindak tutur direktif memohon, tindak tutur direktif menyarankan, tindak tutur direktif menuntut dan tindak tutur direktif menantang. Kedua, empat strategi bertutur yang ditemukan yaitu strategi bertutur berterus terang tanpa basa-basi (BTTB), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan positif (BTDKP), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan negatif (BTDKN), dan strategi bertutur samar-samar (BSS. Strategi bertutur yang paling dominan adalah berterus terang tanpa basa-basi (BTTB). Sedangkan strategi bertutur yang sedikit digunakan adalah bertutur secara samar-samar.
Actions (login required)
|
View Item |