Tindak Tutur Direktif Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (Man) 4 Agam

Rahmah, Amatul (2023) Tindak Tutur Direktif Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (Man) 4 Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AMATUL_RAHMAH_19016144_4067_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Agam, dan strategi yang digunakan oleh guru pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Intrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simak lebih fokusnya peneliti menggunakan teknik sadap proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, bentuk tindak tutur direktif yang dominan digunakan adalah tindak tutur direktif menyuruh ditemukan sebanyak 74 data tuturan. Penggunaan bentuk tindak tutur direktif menyuruh merupakan salah satu cara guru mendekatkan diri kepada siswa serta menjalin hubungan yang harmonis dengan siswa. Kedua, startegi bertutur yang dominan digunakan oleh guru adalah strategi Bertutur Terus Terang Tanpa Basa-Basi (BTTB) yang ditemukan sebanyak 74 data tuturan. Penggunaan strategi BTTB sejalan dengan penggunaan bentuk tindak tutur direktif menyuruh. Dalam penelitian ini ada dua strategi yang peneliti tidak temukan yaitu strategi BSS dan strategi BDH. Alasan mengapa strategi tersebut tidak ditemukan adalah karena guru cenderung menggunakan strategi BTTB yang sejalan pengaplikasiaannya dengan bentuk tindak tutur direktif menyuruh. Kemudian guru yang cenderung menyampaikan tuturan secara basa-basi membuat hubungan guru dengan siswa menjadi lebih harmonis, guru mengetahui bagaimana waktak serta sifat siswanya, dan manfaat lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Dec 2023 00:31
Last Modified: 07 Dec 2023 00:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48778

Actions (login required)

View Item View Item