Hubungan Pembimbingan Guru Pamong dengan Keberhasilan Praktik Lapangan Kependidikan(PLK) Mahasiswa (Studi Kasus: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang)

Lestari, Yuannissa Ulimaz Jayana (2023) Hubungan Pembimbingan Guru Pamong dengan Keberhasilan Praktik Lapangan Kependidikan(PLK) Mahasiswa (Studi Kasus: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YUANNISSA_ULIMAZ_JAYANA_LESTARI_19061077_5646_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah kurangnya komunikasi dua arah antara mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) dengan guru pamong, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam menghadapi kendala-kendala yang ditemui pada saat PLK di sekolah. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara Pembimbingan Guru Pamong dengan Keberhasilan PLK Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang sudah mengikuti PLK periode Juli- Desember 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah sampel 45 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai PLK yang diisi oleh guru pamong. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pembimbingan Guru Pamong dengan Keberhasilan PLK Mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi lebih besar dari r tabel yaiu 0.705 > 0.294 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJufri, Windry NovallaUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:44
Last Modified: 06 Dec 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48771

Actions (login required)

View Item View Item