Evaluasi Kemampuan Evakuasi Darurat pada Gedung IPA Terpadu FMIPA UNP Menggunakan Model Entropy Weight-Logarithmic Fuzzy Multi Objective Programming (E-LFMP)

Laoli, Olvani Aprillian Kurniawati (2023) Evaluasi Kemampuan Evakuasi Darurat pada Gedung IPA Terpadu FMIPA UNP Menggunakan Model Entropy Weight-Logarithmic Fuzzy Multi Objective Programming (E-LFMP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_OLVANI_APRILLIAN_KURNIAWATI_LAOLI_19030020_6169_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi situasi darurat di gedung bertingkat, penilaian kapasitas evakuasi darurat menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kesiapan penghuni gedung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aspek-aspek krusial dalam sistem evakuasi darurat pada gedung kuliah bertingkat. Pertanyaan penelitian yang diangkat adalah bagaimana mengukur kapasitas evakuasi darurat dan bagaimana meningkatkan efisiensi proses evaluasinya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan multi-metode. Pertama, pendekatan Fault Tree Analysis (FTA) digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang dapat menyebabkan kegagalan dalam sistem evakuasi darurat. Selanjutnya, metode Entropy Weight-Logarithmic Fuzzy Multiobjective Programming (E-LFMP) digunakan untuk memberikan objektivitas dan rasionalitas dalam proses evaluasi. Pendekatan berbasis fuzzy diterapkan untuk mengubah aspek-aspek kualitatif menjadi nilai numerik, sehingga dapat diintegrasikan secara lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan komprehensif berbasis fuzzy, tingkat keanggotaan maksimum yang diperoleh adalah 0,39329 dengan kategori "umum". Hal ini mengindikasikan bahwa kapasitas evakuasi darurat pada gedung kuliah bertingkat perlu ditingkatkan guna menghadapi situasi darurat dengan lebih efektif. Dengan menggunakan analisis FTA, faktor-faktor utama yang berkontribusi terhadap kegagalan dalam sistem evakuasi darurat berhasil diidentifikasi. Kemudian, melalui pendekatan E-LFMP, evaluasi terhadap kapasitas evakuasi darurat menjadi lebih obyektif dan rasional. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan keselamatan dan kesiapan gedung dalam menghadapi situasi darurat melalui penilaian yang komprehensif dan terintegrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL ENTROPY WEIGHT-LOGARITHMIC FUZZY MULTI OBJECTIVE PROGRAMMING (E-LFMP)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:41
Last Modified: 06 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48763

Actions (login required)

View Item View Item