Anjani, Pipin
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa XI DPIB SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan hasil penyebaran angket survei pendahuluan yang telah disetujui oleh guru, serta dilakukan oleh penulis pada SMK Negeri 1 Sumatera Barat tanggal 4 Oktober 2021. Mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi menimbulkan kesulitan bagi banyak siswa, berdasarkan angket kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Disebabkan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). lni berdampak pada hasil tes siswa terhadap materi penghitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak mencapai nilai lengkap.
Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dalam penelitiannya memberikan pelayanan. Jenis eksperimen penelitian ini mencakup desain kuasi eksperimental (quasiexperimental design). Dalam penelitian ini, kelas eksperimen dan kontrol digunakan. Kelompok kontrol diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Kelas penelitian (eksperimen) diajar dengan menerapkan Numbered Heads Together (NHT). Penelitian kuasi merupakan mengevaluasi hasil belajar siswa dalam dua kelas diberi perlakuan yang beda: kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran NHT. Model pembelajaran NHT mampu menarik perhatian siswa untuk menjadi fokus serta lebih aktif pada mata pelajaran yang diberikan, khususnya mata pelajaran EBK pada KD 3.10 yang dilakukan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil Perhitungan skor N-Gain Uji menunjukkan kelas eksperimen memiliki dengan rata-rata 77,30 persen masuk ke dalam kategori efektif, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata N-Gain Score sebesar 33,95 % masuk kedalam kategori tidak efektif.
Actions (login required)
|
View Item |