Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) dalam Menentukan Prioritas Penerimaan Program Keluarga Harapan (Jorong Sawah Kareh Nagari Balimbing)

Sartika, Mira (2023) Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) dalam Menentukan Prioritas Penerimaan Program Keluarga Harapan (Jorong Sawah Kareh Nagari Balimbing). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MIRA_SARTIKA_18030036_3694_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan adalah suatu masalah yang sulit untuk diselesaikan. Namum pemerintah mengadakan program untuk membantu mengurangi kemiskinan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan penelitian ini untuk menentukan alternatif yang menjadi prioritas penerima PKH supaya tepat sasaran dengan menggunakan metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE). Dimana metode ELECTRE adalah metode yang digunakan untuk menentukan perangkingan dengan mempertimbangkan tingkat kepentingan setiap kriteria dalam kasus banyak alternatif namun hanya sedikit kriteria yang dilibatkan. Yang menjadi kriteria penerima PKH diantaranya adalah jumlah penghasilan kepala keluarga, tanggungan pendidikan, tangungan kesehatan dan tangungan kesejahteraan sosial. Sedangkan yang menjadi alternatif dalam penelitian ini adalah rumah tangga yang menjadi calon penerima PKH. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah tangga calon penerima PKH di Jorong Sawah Kareh Nagari Balimbing. Sampel sekaligus alternatif pada penelitian ini berjumlah 40 responden didapat dengan metode sampling insidental. Penelitian ini dimulai dengan pembobotan untuk setiap kriteria kemudian melakukan perangkingan untuk setiap alternatif dengan metode ELECTRE. Hasil penelitian menggunakan metode ELECTRE diperoleh hasil perangkingan untuk setiap alternatif yaitu apabila nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE (ELECTRE)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:47
Last Modified: 05 Dec 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48742

Actions (login required)

View Item View Item