Efektifitas Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Studi Kasus: Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI di SMKN 1 Padang)

Fadillah, M. Aldi (2023) Efektifitas Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Studi Kasus: Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI di SMKN 1 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_M_ALDI_FADILLAH_19061032_5974_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektifitas Problem Based Learningterhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran APLPIG kelas XI SMKN 1 Padang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pretest dan posttest. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas XI DPIB yang mempelajari APLPIG yang terbagi menjadi dua kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai posttest oleh siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning naik sebesar 16,6%, sedangkan yang tidak diberi perlakuan hanya sebesar 3.03%. Kemudian dari hasil pengolahan data, hasil posttest memperoleh mean (rata-rata) sebesar 66,6 sedangkan hasil kelas kontrol hanya 42,5. Dari Hasil Uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai signifikan 0,001< 0,05, oleh karena itu Ha diterima. Maka dari itu, dapat dilihat bahwa model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang dapat dilihat dari hasil postest yang diujikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJufri, Windry NovallaUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:53
Last Modified: 04 Dec 2023 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48713

Actions (login required)

View Item View Item