Pemanfaatan Kulit Buah Kelor (Moringa Oleifera) dalam Sintesis Katalis Karbon Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate)

Novela, Riana (2023) Pemanfaatan Kulit Buah Kelor (Moringa Oleifera) dalam Sintesis Katalis Karbon Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_08_RIANA_NOVELA_19036036_5909_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk menjadi salah satu faktor meningkatnya permintaan bahan bakar energi yang cukup besar, sedangkan ketersediaan bahan bakar fosil semakin menipis. Keterbatasan bahan bakar ini menyebabkan munculnya upaya untuk menghasilkan sumber energi alternative yang terbarukan salah satunya adalah biodiesel. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari potensi kulit buah kelor (Moringa Oleifera) sebagai sumber katalis asam padat berbasis karbon tersulfonasi. Sintesis katalis berlangsung dalam dua tahap yaitu pembentukan karbon melalui proses kalsinasi dan dilanjutkan dengan subtitusi gugus sulfonat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari karakterisasi FTIR bahwa katalis yang dihasilkan memiliki gugus –SO3H yang membuktikan bahwa sulfonat telah berhasil tersubtitusikan ke permukaan karbon. Karakterisasi XRD menunjukan bahwa adanya perubahan struktur sebelum dan sesudah proses sulfonasi yang menunjukan bahwa adanya proses oksidasi berlanjuit. Hasil uji situs asam yang diperoleh menunjukan bahwa nilai situs asam meningkat setelah karbon disulfonasi dan hasil ini dibuktikan melalui hasil karakterisasi dengan FTIR. Selanjutnya pada uji sifat fisikokimia didapatkan yaitu densitas, laju alir, bilangan sam dan persen konversi biodiesel memiliki nilai yang meningkat seiring dengan peningkatan situs asam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
CorrectorRahardian Z, Rahardian ZUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, PFAD, Kulit Buah Kelor, Katalis Karbon Tersulfonasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:53
Last Modified: 04 Dec 2023 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48712

Actions (login required)

View Item View Item