Pengembangan Sensor Formal dehida menggunakan Glassy Carbon Electrode (GCE) modifikasi dengan Lapisan Tipis Ausecara Voltammetri

Maharani, Indah Kumala (2023) Pengembangan Sensor Formal dehida menggunakan Glassy Carbon Electrode (GCE) modifikasi dengan Lapisan Tipis Ausecara Voltammetri. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_08_INDAH_KEMALA_MAHARANI_19036168_5954_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Formaldehidaditemukan sebagai salah satuprodukberacun dan mutagenik. Paparanjangkapanjangakanmembahayakankesehatantubuhmanusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksiformaldehida yang dikembangkan pada sensor elektrokimiamenggunakanGlassy Carbon Electrode (GCE) yang dimodifikasi dengan lapisan tipis emas sebagai elektrodakerjasecaravoltametrisiklik. Modifikasi elektroda dilakukan dengan elektrodeposisipenyapuanpotensial Au pada elektroda yang dikenal dengan elektroda Au/GCE. Elektroda yang dihasilkanmemilikikonduktivitas yang tinggi dan aktivitaskatalitik yang sangat baikkarenamampumemberikanresponaruspuncak yang besar. Pada penelitian ini, aruspuncak yang diperolehlebihtajam, sensitivitas dan stabilitas juga lebihbaikkarenasifatelektrokatalitik yang dihasilkan oleh lapisan tipis emas yang tinggi. Kondisi optimum akanditentukanberdasarkanvariasisikluselektrodeposisi film tipis emas, elektrolitpendukung, model teknikvoltammetri, pH dan lajupemindaian. Kemudiandilanjutkan untuk penentuankurvakalibrasi dan keberulangan. Elektrodeposisilapisan tipis emasdidapatkansiklus optimum yaitu satusiklus, KOH 0,1 M sebagai elektrolitpendukung optimum, voltametrisapuan linear (LSV) sebagai model teknikvoltametri optimum, pH 13 sebagai pH optimum dan 100 mV/s sebagai lanjupemindaian optimum sertadiperolehkurvakalibrasi dengan nilaikoefisienkorelasi (R2) sebesar 0.9953, limit deteksi (LOD) sebesar 0.18 ppm dan nilai RSD (%) sebesar 2.82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Trisna KumalaUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, Sari Kusuma WardhaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Elektroda Karbon Kaca (GCE), Formaldehida, Lapisan Tipis Emas, Voltammetri
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:52
Last Modified: 04 Dec 2023 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48705

Actions (login required)

View Item View Item