Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi

Julian, Andra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANDRA_JULIAN_19061003_6410_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam mengajar Estimasi Biaya Konstruksi di kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Barat adalah karena cara mengajar yang belum cocok dengan karakteristik mata pelajaran dan juga pemahaman materi yang kurang, sehingga siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Grup Kontrol Pretest-Posttest. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2023/2024, siswa kelas XII BKP dan XII DPIB. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 5 Padang, dengan melibatkan 30 siswa kelas XII BKP sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari 25 soal objektif, termasuk pre-test, post-test, dan gain score. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung (2,133) ~ ttabel (2,002}, mengindikasikan penolakan terhadap Ho dan penerimaan Ha. Dengan demikian, temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi di kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Ba rat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusmareta, YuwalitasUNSPECIFIED
CorrectorAndoyono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorJufri, Windry NovaliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:51
Last Modified: 04 Dec 2023 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48702

Actions (login required)

View Item View Item