Pengaruh Pemahaman Kode Etik Akuntan dan Religiusitas terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Padang).

Ardani, Fouri Ayu (2023) Pengaruh Pemahaman Kode Etik Akuntan dan Religiusitas terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_FOURI_AYU_ARDANI_18043002_5371_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Masalah etika profesional dibidang akuntansi telah menjadi pusat perhatian publik sehingga semua profesi dituntut harus bekerja secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman kode etik akuntan dan religiusitas terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kausatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan 146 mahasiswa jurusan akuntansi tahun masuk 2018 dan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan IBM SPSS. Hasil penelitian dalam penelitian ini (1) pemahaman kode etik akuntan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Padang dan (2) religiusitas tidak berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArza, Fefri IndraUNSPECIFIED
CorrectorSabrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorTaqwa, SalmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KODE ETIK, AKUNTANSI, PERILAKU ETIS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:49
Last Modified: 04 Dec 2023 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48697

Actions (login required)

View Item View Item