Evaluasi dan Penataan Geometrik Pada Gerbang Universitas Negeri Padang

Wisti, Alif Oryza (2023) Evaluasi dan Penataan Geometrik Pada Gerbang Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_1_ALIF_ORYZA_WISTI_20323080_5811_2023.pdf.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di Kota Padang. UNP terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini membuat peminat UNP semakin meningkat. Peningkatan ini tidak diiringi oleh sarana dan prasarana di UNP. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri bagi UNP berupa potensi kemacetan dan radius putar kendaraan yang kurang layak khususnya pada lokasi persimpangan memasuki gerbang UNP di dekat Mesjid Al -Azhar (titik 1) dan di gerbang UNP di dekat Halte Trans Padang (titik 2). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi eksisting pada gerbang UNP serta mencari solusi berupa melakukan penataan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung selama 3 hari pada hari kerja dan jam sibuk (peak hour) di kampus UNP. Lokasi pengambilan data dilakukan di kampus UNP Air Tawar Barat tepatnya pada titik 1 dan titik 2. Berdasarkan hasil analisis pada kondisi eksisting menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 dan radius putar kendaraan yang berpedoman pada nilai Centerline Turning Radius (CTR) yang disimulasikan lewat software Autoturn. Pada titik 1 nilai tingkat pelayanan pada persimpangan dan ruas adalah 9,362 (level B) dan 3,135 (level F). Untuk radius putar kendaraan setelah disimulasikan pada kendaraan bus ukuran besar tidak dapat langsung melakukan turning sehingga radius putar kendaraan pada persimpangan ini dapat dikategorikan tidak layak. Tingkat pelayanan persimpangan dan ruas pada titik 2 adalah sebesar 9,507 (level B) dan 3,135 (level F). Hasil simulasi radius putar kendaraan pada titik 2 juga menunjukkan radius putar kendaraan untuk kendaraan bus ukuran besar dikategorikan tidak layak. Berdasarkan hasil analisis eksisting maka dilakukan rencana penataan geometrik baru dengan solusi menggeser gerbang UNP ke arah kampus UNP sejauh 30 meter dan melakukan pelebaran jalan pada ruas yang berada berseberangan dengan taman di depan rektorat selebar 5 meter pada titik 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:49
Last Modified: 04 Dec 2023 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48696

Actions (login required)

View Item View Item