“Bentuk Toleransi Pendidikan Multikultural dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di Sekolah Menengah Atas

Yesti, Zulfa (2023) “Bentuk Toleransi Pendidikan Multikultural dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ZULFA_YESTI_19016137_6585_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bentuk toleransi pendidikan multikultural dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Pendidikan multikultural dapat meningkatkan rasa solidaritas dan saling menghormati antar-sesama tanpa membedakan ras, agama, suku, dan budaya. Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan bentuk toleransi pendidikan multikultural dalam novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. Kedua, mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran teks novel di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode ddeskriptif dan menggunakan pendekatan analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah kalimat atau kata yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang atau human instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak catat. Pertama, membaca novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata secara berulang-ulang. Kedua, menyimak serta menandai bagian yang berkaitan dengan unsur toleransi pendidikan multikultural baik melalui tuturan tokoh maupun perilaku yang ditunjukkan tokoh. Ketiga, mencatat kalimat yang mengandung unsur toleransi pendidikan multikultural sesuai dengan urutan pada halaman novel. Teknik pengabsahan data yang digunakan berupa pengecekan data kembali atau triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga langkah. Pertama, reduksi atau merangkum data, kedua penyajian data, dan ketiga verifikasi (kesimpulan) data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tujuh unsur toleransi pendidikan multikltural dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, yaitu solidaritas dan persaudaraan, kesetaraan gender, nilai kekeluargaan, penghormatan terhadap tata susila, merasa cukup dalam hidup, perdagangan terbuka, berbagi dan kontrol kekuasaan. Jumlah kutipan unsur toleransi pendidikan multikultural yang ditemukan berjumlah sebanyak empat puluh delapan kutipan. Bentuk toleransi pendidikan multikultural yang ditemukan dijadikan sebagai bentuk sarana atau media pengenalan berbagai macam unsur multikultural. Selain itu, unsur toleransi pendidikan multikultural menjadi salah satu unsur pembangun novel yang yang sangat penting. Bentuk pengenalan toleransi pendidikan multikultural kepada siswa dalam penelitian terkait toleransi pendidikan multikltural dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester II dalam materi teks novel KD 3.8 dan 3.9

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYesti, ZulfaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:31
Last Modified: 04 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48683

Actions (login required)

View Item View Item