Yesti, Zulfa
(2023)
“Bentuk Toleransi Pendidikan Multikultural dalam Novel
Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di Sekolah Menengah Atas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bentuk toleransi pendidikan multikultural
dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Pendidikan multikultural
dapat meningkatkan rasa solidaritas dan saling menghormati antar-sesama tanpa
membedakan ras, agama, suku, dan budaya. Tujuan penelitian ini ada dua.
Pertama, mendeskripsikan bentuk toleransi pendidikan multikultural dalam novel
orang-orang biasa karya Andrea Hirata. Kedua, mendeskripsikan implikasinya
dalam pembelajaran teks novel di Sekolah Menengah Atas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode ddeskriptif
dan menggunakan pendekatan analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah
kalimat atau kata yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea
Hirata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang atau human
instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak catat.
Pertama, membaca novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata secara
berulang-ulang. Kedua, menyimak serta menandai bagian yang berkaitan dengan
unsur toleransi pendidikan multikultural baik melalui tuturan tokoh maupun
perilaku yang ditunjukkan tokoh. Ketiga, mencatat kalimat yang mengandung
unsur toleransi pendidikan multikultural sesuai dengan urutan pada halaman
novel. Teknik pengabsahan data yang digunakan berupa pengecekan data kembali
atau triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga langkah.
Pertama, reduksi atau merangkum data, kedua penyajian data, dan ketiga
verifikasi (kesimpulan) data.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tujuh unsur toleransi pendidikan
multikltural dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, yaitu
solidaritas dan persaudaraan, kesetaraan gender, nilai kekeluargaan,
penghormatan terhadap tata susila, merasa cukup dalam hidup, perdagangan
terbuka, berbagi dan kontrol kekuasaan. Jumlah kutipan unsur toleransi
pendidikan multikultural yang ditemukan berjumlah sebanyak empat puluh
delapan kutipan. Bentuk toleransi pendidikan multikultural yang ditemukan
dijadikan sebagai bentuk sarana atau media pengenalan berbagai macam unsur
multikultural. Selain itu, unsur toleransi pendidikan multikultural menjadi salah
satu unsur pembangun novel yang yang sangat penting. Bentuk pengenalan
toleransi pendidikan multikultural kepada siswa dalam penelitian terkait toleransi
pendidikan multikltural dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata
dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII
semester II dalam materi teks novel KD 3.8 dan 3.9
Actions (login required)
|
View Item |