Putri, Annisa Septiani
(2023)
Pengaruh Implementasi Model Guided Inquiry Learning
Berbasis LSLC pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil
Belajar Siswa SMAN 10 Padang.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang terjadi di SMAN 10 Padang belum
sepenuhnya menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning (GIL) berbasis LSLC menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari mengimplementasikan model pembelajaran Guided
Inquiry Learning berbasis LSLC pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa SMAN 10 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent
Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas
XI MIPA 6 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 7 (kelas kontrol) SMAN 10 Padang.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal pretest-posttest berjumlah 15 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya beda
soal. Data hasil penelitian diolah dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dapat dilakukan uji
hipotesis dengan uji t. Hasil uji tersebut adalah thitung (2,432) > tTabel (1,667). Sehingga dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil belajar siswa menggunakan model GIL berbasis LSLC lebih tinggi secara
signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model GIL berbasis LSLC pada materi larutan penyangga di SMAN 10 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |