Pengaruh Implementasi Model Guided Inquiry Learning Berbasis LSLC pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 10 Padang

Putri, Annisa Septiani (2023) Pengaruh Implementasi Model Guided Inquiry Learning Berbasis LSLC pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_ANNISA_SEPTIANI_PUTRI_19035003_ 5850_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang terjadi di SMAN 10 Padang belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning (GIL) berbasis LSLC menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari mengimplementasikan model pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis LSLC pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa SMAN 10 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 6 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 7 (kelas kontrol) SMAN 10 Padang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal pretest-posttest berjumlah 15 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya beda soal. Data hasil penelitian diolah dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dapat dilakukan uji hipotesis dengan uji t. Hasil uji tersebut adalah thitung (2,432) > tTabel (1,667). Sehingga dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil belajar siswa menggunakan model GIL berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model GIL berbasis LSLC pada materi larutan penyangga di SMAN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: guided inquiry learning, LSLC, larutan penyangga, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:31
Last Modified: 04 Dec 2023 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48679

Actions (login required)

View Item View Item