insani, Silfi Sutri
(2023)
Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Menggunakan Moodle Terintegrasi Model Flipped Classroom di SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan yang mampu menjawab tantangan revolusi 4.0. Keterampilan yang patut dikuasai adalah literasi data, teknologi, dan manusia. Tetapi, usaha pemerintah mengeluarkan kebijakan penerapan Kurikulum 2013 dan
Gerakan Literasi Nasional agar mendongkrak pendidikan Indonesia belum optimal dilakukan oleh sekolah. Hal ini dapat diketahui dari kurangnya pengadopsian teknologi didalam perangkat pembelajaran oleh pendidik. Agar peserta didik memiliki keterampilan di era revolusi 4.0 ini
maka dikembangkan sumber belajar berupa video pembelajaran berbasis moodle denganmengintegrasikan model flipped classroom. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan video pembelajaran berbasis Moodle terintergrasi Flipped Classroom, menguji kevalidannya, serta menguji praktikalitas agar layak digunakan pada pembelajaran
termodinamika di senior high school. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research dan Development (R&D) dengan 7 tahapan. Uji validitas dilakukan oleh tenaga ahli sebanyak 4 orang dan mendapatkaan skor 88. Dari hasil uji validitas video berbasis Moodle terintegrasi Flipped
Classroom diinterpretasikan sangat valid. Setelah dilakukan revisi sesuai saran tenaga ahli, dilakukan ujicoba praktikalitas-terbatas di SMAN 1 Pariaman. Praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru fisika dan 20 peserta didik. Didapatkan hasil praktikalitas dengan skor 86 dari tanggapan guru dan skor 87 dari tanggapan peserta. Dari hasil uji validitas dan praktikalitas maka video pembelajaran berbasis Moodle pada pembelajaran Termodinamika dengan mengintegrasikan flipped classroom dikategorikan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Actions (login required)
|
View Item |