Profil Keterampilan Motorik, Status Gizi dan Tingkat Stunting Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Agil, Rafif (2023) Profil Keterampilan Motorik, Status Gizi dan Tingkat Stunting Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_RAFIF_AGIL_19089083_7558_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah anak pendek (stunting) adalah salah satu permasalahan gizi yang menjadi fokus Pemerintah Indonesia, stunting adalah status gizi yang didasarkan pada indeks PB/U atau TB/U dimana dan standar antropometri penilaian status gizi anak, hasil pengukuran tersebut berada pada ambang batas (Z-Score) <-2 SD sampai dengan -3 SD (pendek) dan <-3 SD (sangat pendek) mengakibatkan menurunnya pertumbuhan. Masalah stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan meningkatnya risiko kesakitan, kematian dan hambatan pada pertumbuhan baik motorik maupun mental. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui status gizi dan keterampilan motorik pada anak balita di Desa Muara Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan maret-april 2023 di Puskesmas Muara Siberut tepatnya di posyandu yang berada di desa muara siberut. Populasi pada penelitian ini adalah balita yang berusia 25-59 bulan yang berjumlah 30 orang balita dengan menggunakan random sampling (sampling acak). Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa Denver II dan pengukuran panjang badan/tinggi badan kepada balita dengan papan panjang badan. Pengolahan data dengan menggunakan teknik distribusi frekuensi atau teknik persentase P=f/nX100%. Hasil penelitian menunjukkan a)keterampilan motorik menunjukkan sebagian besar memiliki keterampilan motorik normal sebanyak 25 orang dengan persntase (83%). b)status gizi sebagian besar balita yang terkena gizi kurang sebanyak 16 orang dengan persentae sebesar (53%) c)tingkat stunting sebagian besar balita yang non stunting sebanyak 17 orang dengan persentase (57%) dan 13 balita yang stunting dengan persentase (43%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
Correctorpranoto,, Nuridin WidyaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MOTORIK, STATUS GIZI, STUNTING
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48664

Actions (login required)

View Item View Item