Deteksi Bakteri Patogen Pada Produk Minuman Di Kawasan Pasar Raya Kota Padang Sumatera Barat Dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR)

Putri, Ananda Aulia (2023) Deteksi Bakteri Patogen Pada Produk Minuman Di Kawasan Pasar Raya Kota Padang Sumatera Barat Dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_ANANDA_AULIA_PUTRI_19032001_6343_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bakteri pathogen adalah mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Bakteri pathogen berpotensi tersebar melalui minuman. Berdasarkan survey di lapangan, kondisi tempat penjual minuman di Pasar Raya Kota Padang memungkinkan terkontaminasi bakteri patogen. Salah satu penyebab bakteri pathogen pada minuman adalah es batu. Penelitian menunjukkan 88, 9 % sampel es batu rumah tangga tidak memenuhi syarat kesehatan karena mengandung bakteri pathogen berupa E.coli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bakteri pathogen pada minuman di kawasan Pasar Raya Kota Padang dengan metode PCR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan November 2022 sampai Mei 2023 di Laboratorium Genetika dan Bio teknologi, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode Chelex-TE dalam optimasi isolasi DNA kemudian dilakukan amplifikasi PCR.Hasil PCR divisualisasikan melalui elektroforesis. Hasil dari penelitian uji terapan dilakukan pada sampel minuman di Pasar Raya Kota Padang yang menunjukkan hasil bahwa lima dari tujuh sampel minuman berpotensi mengandung bakteri patogen. Hasil menunjukkan pada Primer ESS dengan sekuen PCR spesifik ESS – Forward 5'–TTGCTCTTTCGCTGACGAGT-3' dan ESS- Reverse 5'- TTTAACCTTGCGGCCGTACT-3' dengan panjang produk 825 bp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchyar, AffifatulUNSPECIFIED
CorrectorAhda, YuniUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BakteriPatogen, Minuman, PCR
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:37
Last Modified: 01 Dec 2023 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48657

Actions (login required)

View Item View Item