Pengaruh Adversity Quotient dan Emotional Intelligence Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Fari, Yolinda Ratna (2023) Pengaruh Adversity Quotient dan Emotional Intelligence Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Yolinda_Ratna_Fari_19135057_4202_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman peneliti ketika melaksanakan kegitan pengalaman lapangan industri di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Karyawan di Grand Rocky Hotel Bukittinggi dikatakan memiliki OCB yang tinggi berdasarkan pernyataan dari HRD hotel tersebut. Karyawan yang memiliki OCB akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan disaat bekerja dan mampu menjalakan kewajibannya dengan baik. Namun pada temuan penelitian ini beberapa karyawan dengan tingkat OCB nya tergolong tinggi masih belum dapat mengerjakan pekerjaannya dengan optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan pengaruh adversity quotient dan emotional intelligence terhadap OCB karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi melalui empat belas indikator yang disusun berdasarkan skala likert. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi berjumlah 113 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert kemudian telah teruji validitas dan realibilitasnya dengan bantuan program SPSS versi 29.00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengaruh adversity quotient dan emotional intelligence terhadap organizational citizenship behaviour karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi untuk variabel adversity quotient memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap OCB karyawan sebesar 28% dan emotional intelligence juga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 62% terhadap OCB karyawan. Secara keseluruhan adversity quotient dan emotional intelligence berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan Grand Rocky Hotel Bukittinggi dengan persentase sebesar 59%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:08
Last Modified: 05 Dec 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48650

Actions (login required)

View Item View Item