Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Perilaku Prokrastinasi Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan

Gavilla, Nada Septina (2023) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Perilaku Prokrastinasi Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NADA_SEPTINA_GAVILLA_19234015_3827_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perilaku prokrastinasi pustakawan dalam melakukan pekerjaan di Perpustakaan sehingga dibutuhkan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) motivasi kerja pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan; (2) perilaku prokrastinasi pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan; dan (3) pengaruh motivasi kerja terhadap perilaku prokrastinasi pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penyebaran data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 15 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik penganalisisan data dengan melakukan pemeriksaan data, tabulasi, analisis deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, variabel motivasi kerja memiliki skor rata-rata total sebesar 2,77. Hal ini menandakan skor tersebut berada pada skala interval 2,50-3,24 yang termasuk pada kategori baik; kedua, variabel perilaku prokrastinasi pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 2,04. Hal ini menandakan skor tersebut berada pada skala interval 1,75-2,49 termasuk pada kategori cukup baik. Ketiga,penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap perilaku prokrastinasi pustakawan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil hipotesis menunjukkan Fhitung>Ftabel yaitu 12,568>2,160, sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, sedangkan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Uji korelasi bernilai -0,701 menyatakan bahwa terdapat korelasi yang kuat, dengan koefisien determinan sebesar 0,492, sehingga dapat disimpulkan pengaruh motivasi kerja terhadap perilaku prokrastinasi pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan sebesar 49,2%, sedangkan sisanya sebanyak 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:08
Last Modified: 01 Dec 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48649

Actions (login required)

View Item View Item