Pengaruh Kualitas Menu dan Variasi Menu terhadap Kepuasan Tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang

Sonia, Sonia (2023) Pengaruh Kualitas Menu dan Variasi Menu terhadap Kepuasan Tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Sonia_19135130_4622_2023 (Belum di Save).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas menu dan variasi menu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas menu dan variasi menu terhadap kepuasan tamu di kyriad hotel bumiminang padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (kualitas menu dan variasi menu) dan variabel terikat (kepuasan tamu). Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang mengadakan event yang berasal dari instansi di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Responden penelitian ini berjumlah 297 orang yang diperoleh dengan Teknik sampel purposive sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung atau penyebaran angket. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner (angket), yang disusun menurut skala likert. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26.00 dan hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian adalah kualitas menu (X1) pada Kyriad Hotel Bumiminang Padang dalam kategori cukup baik dengan persentase 58,59%. Variasi menu (X2) pada kyriad Hotel Bumiminang Padang dalam kategori baik dengan persentase 45,79%. Kepuasan tamu pada kyriad Hotel Bumiminang Padang dalam kategori cukup baik dengan persentase 49,83%. Berdasarkan pengujian regresi liniear sederhana F 503,210 dengan sig 0,000 <0,05 maka variabel Kualitas menu dan variasi menu secara Bersama-sama mempengarugi kepuasan tamu dengan nilai R Square 0,772. Kualitas menu dan variasi menu mempengaruhi kepuasan tamu secara signifikan sebesar 77,2% dan 22,8% oleh faktor lainnya. variabel kualitas menu diperoleh nilai T 7,724 dengan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh pengaruh yang signifikan antara kualitas menu terhadap kepuasan tamu, variabel variasi menu diperoleh nilai T 13,248 dengan sig 0,000 <0,05, sehingga diperoleh pengaruh yang signifikan antara variasi menu dan kepuasan tamu. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien regresi kualitas menu sebesar 0,195 dengan sig 0,000 < 0,05 maksudnya disetiap peningkatan 1 satuan kualitas menu bisa meningkatkan 0,195 satuan kepuasan tamu. Nilai koefisien regresi variasi menu sebesar 0,476 dengan sig 0,000 < 0,05 maksudnya setiap peningkatan 1 satuan variasi menu bisa meningkatkan 0,476 satuan kepuasan tamu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:08
Last Modified: 01 Dec 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48642

Actions (login required)

View Item View Item