Pengaruh Online Customer Review Terhadap Booking Intention Menggunakan Online Travel Agent di Pangeran Beach Padang

Ayu, Rika Syaputri (2023) Pengaruh Online Customer Review Terhadap Booking Intention Menggunakan Online Travel Agent di Pangeran Beach Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Rika_Syaputri_Ayu_19135125_4667_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Online Travel Agent (OTA) merupakan salah satu situs e-commerce yang menyediakan fasilitas untuk konsumen dalam proses pembelian tiket perjalanan maupun pemesanan hotel. Menurut Malla (2016) Online Travel Agent adalah agen perjalanan yang berperan sebagai media promosi dan penjualan secara online melalui website. Pada penelitian yang dilakukan oleh Chen, Phelan, & Jai (2016) dikatakan bahwa Booking Intention merupakan sebuah hasil konatif yang dipengaruhi oleh pencarian informasi, evaluasi produk, dan pemilihan saluran yang dimana konatif diartikan sebagai niat dan motivasi pribadi konsumen untuk melakukan pembelian secara sukarela. Online Customer Review menurut Filieri dalam (Virawati, 2020) adalah berbagai macam komentar positif, negatif, atau netral rating, peringkat pada sebuah produk, jasa atau sebuah merek yang dibuat oleh konsumen dan dibagikan kepada konsumen lain dalam bentuk format yang terstruktur, yang kemudian dipublikasikan pada sebuah situs indipenden customer review website. Penelitian ini digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asostiatif bentuk hubungan kausal. Menurut Sugiyono (2019:65) asosiatif kausal adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antar dua variabel atau lebih. Penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 241 orang. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dengan kriteria skor 1-5. Data hasil pengisian instrumen dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26.00 dengan teknik pengumpulan melalui kuesioner, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Booking intention berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata (3,93-4,06). Demikian juga dengan Online customer review berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata (3,98-4,16). Terdapat pengaruh yang signifikan oleh Online customer review terhadap booking intention dengan nilai R square 0,254, artinya variabel online customer review berpengaruh sebesar 25,4% terhadap booking intention di Pangeran Beach Hotel Padang dan 54,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, Dwi PratiwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:45
Last Modified: 29 Nov 2023 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48603

Actions (login required)

View Item View Item