Ayu, Rika Syaputri
(2023)
Pengaruh Online Customer Review Terhadap Booking Intention Menggunakan Online Travel Agent di Pangeran Beach Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Online Travel Agent (OTA) merupakan salah satu situs e-commerce yang
menyediakan fasilitas untuk konsumen dalam proses pembelian tiket perjalanan
maupun pemesanan hotel. Menurut Malla (2016) Online Travel Agent adalah agen
perjalanan yang berperan sebagai media promosi dan penjualan secara online melalui
website. Pada penelitian yang dilakukan oleh Chen, Phelan, & Jai (2016) dikatakan
bahwa Booking Intention merupakan sebuah hasil konatif yang dipengaruhi oleh
pencarian informasi, evaluasi produk, dan pemilihan saluran yang dimana konatif
diartikan sebagai niat dan motivasi pribadi konsumen untuk melakukan pembelian
secara sukarela. Online Customer Review menurut Filieri dalam (Virawati, 2020) adalah
berbagai macam komentar positif, negatif, atau netral rating, peringkat pada sebuah
produk, jasa atau sebuah merek yang dibuat oleh konsumen dan dibagikan kepada
konsumen lain dalam bentuk format yang terstruktur, yang kemudian dipublikasikan
pada sebuah situs indipenden customer review website.
Penelitian ini digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif dengan
metode asostiatif bentuk hubungan kausal. Menurut Sugiyono (2019:65) asosiatif kausal
adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antar dua
variabel atau lebih. Penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah
responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 241 orang. Instrumen penelitian
menggunakan skala likert dengan kriteria skor 1-5. Data hasil pengisian instrumen
dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26.00 dengan teknik pengumpulan melalui
kuesioner, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif
kausal dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Booking intention berada pada
kategori baik dengan nilai rata-rata (3,93-4,06). Demikian juga dengan Online customer
review berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata (3,98-4,16). Terdapat pengaruh
yang signifikan oleh Online customer review terhadap booking intention dengan nilai R
square 0,254, artinya variabel online customer review berpengaruh sebesar 25,4%
terhadap booking intention di Pangeran Beach Hotel Padang dan 54,6% dipengaruhi oleh
faktor lainnya
Actions (login required)
|
View Item |