Analisis Self Presentation Pengguna Second Account Media Sosial Instagram

Pratama, Ferdi Disti (2023) Analisis Self Presentation Pengguna Second Account Media Sosial Instagram. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Ferdi_Disti_Pratama_19006081_7008_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi telah mengantarkan manusia untuk menciptakan bentuk baru dalam berinteraksi dan berkomunikasi berupa media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer saat ini. Seiring dengan itu, fenomena yang terjadi saat ini pengguna media sosial Instagram dengan sengaja memiliki dua akun yang dibagi menjadi akun yang mempresentasikan diri yang sebenarnya (second account) sementara akun lainnya adalah akun (first account) yang menampilkan gambaran diri ideal yang ingin dia bangun, namun dalam penggunaannya second account juga dapat memicu aksi-aksi kejahatan di media sosial. Fenomena ini menjadi menarik untuk dikaji karena beberapa pengguna Instagram berinteraksi dan memperlakukan akun mereka secara berbeda. Kedua akun tersebut memiliki postingan yang berbeda. Adapun tujuan penelitian ini adalah bagaimana presentasi diri pengguna second account di media sosial Instagram jika ditinjau dari teori Dramaturgi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis dan interpretasi data mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna second account Instagram cenderung melakukan self presentation di second account Instagram miliknya. Saat menggunakan second account penggunanya lebih leluasa menampilkan diri apa adanya. Self presentation yang dominan ditampilkan adalah pada panggung belakang (back stage). Second account dijadikan sebagai tempat melakukan self presentation karena dianggap sebagai akun sosial media ternyaman untuk menjadi diri sendiri. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dan acuan dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling terutama dalam layanan informasi, dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48601

Actions (login required)

View Item View Item