Efektivitas Strategi Complex Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Anak Disleksia

Rofal, Dicky Alem Ad (2023) Efektivitas Strategi Complex Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Dicky_Alem_Ad_Rofal_18003060_7338_2023 Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siswa berkesulitan belajar pada umumnya bermasalah dalam berpikir, merespon rangsangan dan terganggu dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan di sekolah inklusi, terdapat salah satu anak diseleksia yang menunjukkan kurangnya perilaku aktif dalam belajar. Hasil identifikasi dan asesmen yang peneliti lakukan didasari oleh instrumen identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen keaktifan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan strategi complex instruction untuk meningkatkan keaktifan belajar pada anak berkesulitan belajar. Pemilihan subjek penelitian menggunakan instrumen identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen instrumen keaktifan belajar. Penelitian menggunakan bentuk single subject research dengan desain multiple baseline across behaviour. Subjek penelitian satu orang dengan target behaviour tiga yaitu kegiatan lisan, kegiatan mendengar dan kegiatan menulis. Data dikumpulkan melalui observasi saat pembelajaran berlangsung dan alat yang digunakan berupa instrumen asesmen keaktifan belajar serta pengolahan data yang digunakan yaitu pengolahan data frekuensi. Observasi digunakan untuk mengamati perilaku aktif dalam belajar. Data analisis dibuat dalam bentuk analsis visual gafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dalam belajar setelah diberikannya strategi complex instruction. Disarankan kepada guru-guru agar dapat menggunakan strategi complex instruction sebagai model pembelajaran yang berguna untuk membantu siswa-siswa dalam meningkatkan keaktifan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48550

Actions (login required)

View Item View Item