Rofal, Dicky Alem Ad
(2023)
Efektivitas Strategi Complex Instruction untuk
Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Anak Disleksia.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Siswa berkesulitan belajar pada umumnya bermasalah dalam berpikir,
merespon rangsangan dan terganggu dalam beradaptasi dengan lingkungan
sekitarnya. Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan di sekolah inklusi,
terdapat salah satu anak diseleksia yang menunjukkan kurangnya perilaku aktif
dalam belajar. Hasil identifikasi dan asesmen yang peneliti lakukan didasari oleh
instrumen identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen keaktifan belajar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan strategi complex
instruction untuk meningkatkan keaktifan belajar pada anak berkesulitan belajar.
Pemilihan subjek penelitian menggunakan instrumen identifikasi anak
berkebutuhan khusus dan asesmen instrumen keaktifan belajar.
Penelitian menggunakan bentuk single subject research dengan desain
multiple baseline across behaviour. Subjek penelitian satu orang dengan target
behaviour tiga yaitu kegiatan lisan, kegiatan mendengar dan kegiatan menulis. Data
dikumpulkan melalui observasi saat pembelajaran berlangsung dan alat yang
digunakan berupa instrumen asesmen keaktifan belajar serta pengolahan data yang
digunakan yaitu pengolahan data frekuensi. Observasi digunakan untuk mengamati
perilaku aktif dalam belajar. Data analisis dibuat dalam bentuk analsis visual gafik
yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dalam belajar
setelah diberikannya strategi complex instruction. Disarankan kepada guru-guru
agar dapat menggunakan strategi complex instruction sebagai model pembelajaran
yang berguna untuk membantu siswa-siswa dalam meningkatkan keaktifan dalam
belajar.
Actions (login required)
|
View Item |