Tjeriawan, Chenrika Arabella
(2023)
Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII di Sekolah
Menengah Pertama.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penyesuaian diri merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk dapat
menyesuaikan keadaan diri dengan lingkungan sehingga dapat diterima dengan
baik oleh lingkungan. Fenomena yang ditemui dilapangan menunjukkan masih ada
siswa yang sulit menyesuaikan diri di sekolah yang baru dimasukinya. Siswa kelas
VII SMP mengalami transisi dari sekolah dasar yang mana terjadi perbedaan dari
sistem belajar, perubahan dari satu guru menjadi banyak guru dan dari kelompok
teman sebaya yang homogen dan kecil menjadi kelompok teman sebaya yang lebih
besar dan heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)
penyesuaian diri siswa kelas VII secara umum, dan (2) penyesuaian diri siswa kelas
VII secara khusus yaitu penyesuaian diri pribadi dan penyesuaian diri sosial.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik
analisis deskriptif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa
kelas VII dan sampel yang berjumlah sebanyak 53 siswa dengan teknik
pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data
menggunakan angket model skala likert.
Hasil penelitian ini menemukan gambaran penyesuaian diri siswa secara
keseluruhan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebanyak 30,19%. Jika
ditinjau dari segi aspek penyesuaian diri pribadi berada pada kategori sedang
dengan persentase 33,96%. Serta dari segi aspek penyesuaian diri sosial berada
pada kategori tinggi dengan persentase 41,51%. Hal ini berarti siswa SMP Swasta
Bina Satria Medan sudah cukup baik dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
di sekolahnya.
Actions (login required)
|
View Item |