Sari, Anggun Novita
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe
STAD Berbantuan Video Pembelajaran di Kelas III SDN 28 Rawang
Kabupaten Solok Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik
yang rendah dan belum mencapai ketuntasan minimum yang ditentukan dalam
pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Hal itu disebabkan oleh
pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan belum
menggunakan model serta media pembelajaran yang dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan
model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan video
pembelajaran di kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II yang
terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur penelitian disetiap siklus meliputi perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD)
berbantuan video pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada
siklus I memperoleh rata-rata persentase 87,49% (B), meningkat pada siklus II
dengan persentase 97,72% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh ratarata
persentase 79,68% (C), meningkat pada siklus II dengan persentase 96,87%
(SB), c) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase
79,68% (C), meningkat pada siklus II dengan persentase 96,87% (SB), dan d)
hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,21 (C),
meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85,77 (B). Dari hasil penelitian yang
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan
model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan video
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 28
Rawang, Kabupaten Solok Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |