Pengaruh Metode PQRST Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh

Aprilia, Aprilia (2023) Pengaruh Metode PQRST Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_APRILIA_19016149_3408_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 3 Kota Sungai Penuh sebelum dan setelah menggunakan metode PQRST. Kemudian menentukan pengaruh metode PQRST terhadap pembelajaran keterampilan memabaca teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 3 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen semu yang menggunakan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh tahun peajaran 2022/2023 yang berjumlah 105 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variable-variabel dalam penelitian ini, yaitu keterampilan membaca teks deskripsi sebelum dan setelah menggunakan metode PQRST. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif keterampilan membaca teks deskripsi. Selanjutnya skor dianalisis dengan Liliefors serta dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t. Berdasarkan hasil One Group Pretest Posttest dan uji hipotesis diperoleh bahwa rata-rata nilai keterampilan membaca teks deskripsi setelah menggunakan metode PQRST lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilam membaca teks deskripsi sebelum menggunakan metode PQRST. pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi setelah menggunakan metode PQRST berada pada klasifikasi Baik dengan rata-rata nilai 96,15. Jika dibandingkan dengan nilai pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh sebelum menggunakan metode PQRST lebih rendah dan berada pada klasifikasi Kurang dengan nilai rata-rata 15,38. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (n-1) karena thitung > ttabel (20,26>1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca tesk deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:43
Last Modified: 27 Nov 2023 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48531

Actions (login required)

View Item View Item