Tania, Monica
(2023)
Pengaruh Kepuasan Tamu Terhadap Repurchase Intention Tamu Di Hotel Daima Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu (1)
adanya tamu yang tidak puas terhadap pelayanan hotel, (2) rendahnya persentase
repeater guest serta terdapat tamu yang tidak ingin kembali menginap di Hotel,
(3) pelayanan yang tidak ramah dari manager hotel terhadap tamu, (4) tamu yang
kecewa terhadap ketidakprofesionalan karyawan hotel. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan tamu terhadap repurchase
intention di Hotel Daima Padang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan asosiatif kausal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap di
Daima Hotel Padang. Sampel penelitian berjumlah 97 orang tamu hotel dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala
likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah
dengan menggunakan SPSS 25.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan tamu berada pada
kategori kurang puas dengan persentase 47,42%. Selanjutnya pada variabel
repurchase intention berada pada kategori minat datang kembali dengan
persentase 59,79%. Pengaruh kepuasan tamu (X) terhadap repurchase intention
(Y) dengan R2
= 0,255 dengan persentase sebesar 25,50%, dengan signifikan
0.000 < 0.05. jadi terdapat pengaruh X terhadap Y sebesar 25,50%, sedangkan
74,50% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |