Rechia, Arixa Renda
(2023)
Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di Fave Hotel Olo Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya komentar negatif maupun
positif yang ditulis tamu melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
seberapa besar pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian
kamar di Fave Hotel Olo Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan pendekatan assosiatif kausal. Pengambilan data dengan menyebarkan
kuesioner melalui google form kepada 204 responden dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Kuesioner menggunakan skala likert yang telah di uji
validitas dan reabilitas. Kriteria responden yaitu yang berusia 17 tahun keatas,
tamu individual, dan tamu yang pernah melihat ulasan di internet.
Hasil penelitian adalah, (1) electronic word of mouth memiliki nilai cukup
baik yaitu 41%, dan (2) keputusan pembelian kamar memiliki nilai yang cukup
baik yaitu 30%. Nilai f hitung 64.048, dapat diambil kesimpulan bahwa ada
hubungan yang signifikan antara Elektronic Word of Mouth dan keputusan
pembelian, karena nilai Sig 0,000 < 0,05. Nilai R square 0,241 maka dapat
dinyatakan 24,1% electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan
pembelian sementara 75,9% dipengaruhi faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |