Pengaruh Good Corporate Governance dan Gender Diversity Terhadap Kualitas Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Anggraini, Zulfira (2023) Pengaruh Good Corporate Governance dan Gender Diversity Terhadap Kualitas Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_06_ZULFIRA_ANGGRAINI_18043011_7275_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan gender diversity terhadap kualitas sustainability report. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas sustainability report yang diukur dengan disclosure index yaitu indeks pengungkapan berdasarkan GRI G4 dan GRI Standards. GCG dan gender diversity merupakan variabel independen. Variabel GCG menggunakan efektivitas dewan komisaris dan efektivitas komite audit. Efektivitas dewan komisaris diukur dengan ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, pendidikan dewan komisaris, dan rapat dewan komisaris. Efektivitas komite audit diukur dengan ukuran komite audit, komite audit independen, dan rapat komite audit. Variabel gender diversity diukur dengan proporsi jumlah dewan komisaris wanita. Profitabilitas dan ukuran perusahaan merupakan variabel control dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling sehingga sampel akhir penelitian ini berjumlah 41 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, pendidikan dewan komisaris, ukuran komite audit, komite audit independen, dan gender diversity tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas sustainability report. Rapat dewan komisaris dan rapat komite audit berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas sustaianability report.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorDwita, SaniUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS DEWAN KOMISARIS, EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, GENDER DIVERSITY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS SUSTAINABILITY REPORT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:07
Last Modified: 24 Nov 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48510

Actions (login required)

View Item View Item