Perilaku Pedagang Terhadap Kebersihan Lingkungan Pasar Tradisional di Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan

Kasri, Zoni Putra (2023) Perilaku Pedagang Terhadap Kebersihan Lingkungan Pasar Tradisional di Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Zoni_Putra_Kasri_17045077_6586_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perilaku Pedagang Terhadap kebersihan lingkungan pasar tradisional di Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, Lokasi dilakukannya penelitian ini adalah di Kawasan Pasar Tradisional, Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pedagang di Pasar Baru kurang menjaga kebersihan lingkungan Pasar Hal ini terlihat dari masih banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan pasar dan masih ada pedagang yang tidak menyediakan tempat sampah yang layak kebanyakan dari tempat sampah tersebut hanya berupa kantong plastik kecil, selain itu juga tidak adanya pemilahan sampah dari pedagang maupun pengelola pasar. Perilaku pedagang yang demikian dilatarbelakangi oleh minimnya kesadaran pedagang dalam menjaga kebersihan lingkungannya masing masing dan pedagang menganggap bahwa kebersihan lingkungan dan kenyamanan sepenuhnya menjadi tanggung jawab daripada petugas kebersihan dan pengelola pasar. Pedagang beranggapan dengan membayar sejumlah iuran otomatis tanggung jawab mereka terhadap sampah dagangannya masing-masing lepas begitu saja. Beberapa pemahaman ini telah menjadi budaya dikalangan pedagang, pedagang sudah terbiasa membuang sampah secara sembarangan dilingkungan pasar. Sementara itu disisi lain jumlah petugas kebersihan tidak sebanding dengan luasnya pasar, sehingga setiap hari selalu menyisakan sampah di beberapa sudut pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:07
Last Modified: 24 Nov 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48508

Actions (login required)

View Item View Item