Widia, Widia
(2023)
Perubahan pada Masyarakat dalam Hal Memperoleh Makanan
Akibat Munculnya Media Sosial.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya
perubahan dalam memperoleh makanan akibat pengaruh teknologi informasi. Teori yang
digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori pendekatan perubahan sosial oleh
William F. Ogburn. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dan teknik pemilihan informan purposive sampling.
Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (mendalam) yang
dilakukan secara tatap muka langsung dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan
dengan triangulasi data. teknis analisis data yang dirujuk melalui pemikiran Miles dan Huberman
yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-
faktor penyebab terjadinya perubahan dalam memperoleh makanan akibat pengaruh teknologi
informasi meliputi: (1) berupa tergiurnya masyarakat dengan promosi berupa video, foto,
testimoni, (2) banyaknya jumlah followers dari si akun jajanan tersebut, (3) efisiensi waktu, (4)
efisiensi tenaga(mager), (5) merasa menjadi manusia modern, (6) kepuasan dalam memakan
makanan yang trend.
Actions (login required)
|
View Item |