Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam Analisis Potensi Resapan Air terhadap Perubahan Penggunaan Lahan pada Das Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah

Amanda, Yustika (2023) Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam Analisis Potensi Resapan Air terhadap Perubahan Penggunaan Lahan pada Das Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_YUSTIKA_AMANDA_19136110_5597_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

DAS Air Dingin merupakan salah satu daerah aliran sungai yang telah mengalami banyak perubahan penggunaan lahan. Berkurangnya areal hutan yang terus meningkat mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air, sehingga terjadi peningkatan jumlah curah hujan yang tidak terserap dan mengalir menjadi aliran permukaan. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui perubahan penggunaan lahan di DAS Air Dingin, 2) Mengetahui potensi resapan air terhadap perubahan penggunaan lahan di DAS Air Dingin. Penelitian ini memanfaatkan teknologi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam menganalisis potensi resapan air terhadap perubahan penggunaan lahan pada DAS Air Dingin. Penelitian ini menggunakan metode maximum likelihood, skoring dan overlay peta-peta tematik. Hasil penelitian menunjukkan uji akurasi confusion matrix dari peta penggunaan lahan di daerah penelitian sebesar 92,15%. Penggunaan lahan yang mengalami pengurangan yang paling tinggi yaitu kawasan hutan dengan luas sebesar 459,818 ha dan kawasan yang mengalami penambahan yang paling tinggi adalah kawasan semak belukar dengan luas sebesar 782,14 ha. Potensi resapan air di DAS Air Dingin pada tahun 2017 dan tahun 2022 sebagian besar adalah kelas kurang berpotensi dengan luas sebesar 6716,7 ha dan 6853,4 ha. Perubahan penggunaan lahan yang terjadi berdampak langsung terhadap potensi resapan air yang ada, oleh sebab itu pengelolaan lahan di masa mendatang harus lebih bijak dan berkelanjutan agar potensi resapan air tetap dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:24
Last Modified: 24 Nov 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48503

Actions (login required)

View Item View Item