Lusi Ardila : Dari Bencana Gempa Menuju Pengusaha Industri Kreatif Bordir di Ganting Tangah Padang Kecamatan Ulakan Tapakis Tahun 2009-2022

Zulhitria, Rani (2023) Lusi Ardila : Dari Bencana Gempa Menuju Pengusaha Industri Kreatif Bordir di Ganting Tangah Padang Kecamatan Ulakan Tapakis Tahun 2009-2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_RANI_ZULHITRIA_19046046_6781_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Biografi adalah riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh orang lain baik tokoh tersebut masih hidup atau sudah meninggal. Skripsi ini termasuk ke dalam biografi tematis dengan membahas tentang Lusi Ardila. Kajian dalam skipsi ini mendeskripsikan perjalanan hidup Lusi Ardila sebelum menjadi pengusaha industri kreatif bordir serta perkembangan usaha tahun 2009-2022. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana perjalanan hidup Lusi Ardila sebelum menjadi pengusaha industri kreatif bordir; (2) Bagaimana perkembangan usaha Lusi Ardila dari tahun 2017-2022. Pada penelitian ini metode yang di pakai adalah metode penelitian sejarah dengan langkah sebagai berikut: (1) Heuristik adalah kegiatan mengumpulkan data yang berhubungan langsung dengan objek penelitian, adapun data yang dibutuhkan berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan melakukan sesi wawancara dengan pihak keluarga, karyawan, dan masyarakat sekitar yang pernah berinteraksi dengan Lusi Ardila, sedangkan data sekunder dengan melakukan observasi awal di Ganting Tangah Padang Kecamatan Ulakan Tapakis, serta mengambil data berupa arsip dan dokumen ke rumah Lusi Ardila, (2) kritik sumber, melakukan pengujian dan seleksi terhadap data yang dikumpulkan untuk melihat tingkat keaslian/autentitas data yang dilakukan melalui kritik eksternal dan menguji informan yang terdapat dalam kritik internal; (3) Interpretasi data, yaitu mengklasifikasikan dan mengurutkan serta merangkai data yang di kritik agar dapat direkomendasikan dalam bentuk cerita; dan (4) Historiografi yaitu penyajian hasil penelitian dalam bentuk skripsi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diterangkan bahwa. Lusi Ardila lahir di Ganting Tangah Padang sebuah daerah yang berada di Kabupaten Padang Pariaman. perjalanan Lusi Ardila untuk menjadi pengusaha tidaklah mudah, lika-liku perjalanan hidup yang di lalui membuat Lusi Ardila menjadi seorang single parent. Situasi dan kondisi yang di hadapi membuat Lusi Ardila menjadi wanita tangguh untuk bisa terus bangkit mencapai suatu tujuan yang mampu meningkatkan perekonomian keluarga hingga memberikan manfaat bagi orang lain berupa memberikan lapangan pekerjaan. Lusi Ardila merupakan sosok pengusaha wanita yang terbilang mampu mendirikan sebuah usaha yang mana usaha yang di dirikannya berawal dari menjadi karyawan bordir di Kampung Galapung hingga menjadi pemilik industri kreatif bordir. Usaha industri kreatif bordir yang di bangun mampu berkembang hingga menembus pasar nasional dan juga go internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNaldi, HendraUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
CorrectorNajmi, NajmiUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:47
Last Modified: 23 Nov 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48497

Actions (login required)

View Item View Item