Safitri, Salmi
(2023)
Strategi Ibu Rumah Tangga dalam
Menanamkan Karater Religius Kepada Anak: Studi Kasus
Jorong Koto Tinggi Nagari Pandai Sikek , Kecamatan X Koto,
Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis strategi ibu rumah
tangga dalam menanamkan karakter religius kepada anak di jorong
koto tinggi nagari pandai sikek. Peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian ini karena dengan berbagai tugas sehari-hari yang harus
dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga dan juga ikut bekerja
membantu perekonomian keluarga, menenun, bertani, berdagang,
tetapi hal ini tidak menghambat seorang ibu dalam memperhatikan
pendidikan anak- anaknya. Salah satu dari pendidikan yang dilakukan
oleh ibu rumah tangga yaitu menanamkan karakter religius kepada
anak. Dalam menanamkan karakter religius kepada anak, seorang ibu
tentu memiliki strategi tersendiri yang akan berbeda-beda setiap ibu
rumah tangga.
Penelitian ini memiliki pendekatan kualitatif dengan tipe studi
kasus, Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling
pada kriteria tertentu yaitu pada 8 orang ibu rumah tangga, 8 orang
informan kedua, dan 4 orang anak dari ibu rumah tangga .
Pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipatisi dimana
peneliti melakukan penelitian secara langsung dilapangan agar data
yang didapatkan oleh peneliti secara akurat, wawancara mendalam
dilakukan oleh peneliti kepada informan. Wawancara yang dilakukan
terkait dengan strategi ibu dalam menanamkan karakter religius
kepada anak dengan beberapa pertanyaan yang mendalam sehingga
dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan 2 triangulasi yaitu,
triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun teori yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teori structural fungsional. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan berbagai strategi ibu rumah tangga
dalam menanamkan karakter religius yang meliputi ; Hubungan
individu dengan ALLAH SWT dengan mengajarkan untuk
melaksanakan ibadah seperti sholat, puasa, zakat dan lainnya. Kedua
Hubungan dengan sesame manusia dengan cara menanamkan nilai
cinta damai dan saling menyayangi pada anak antar sesama manusia.
Ketiga, hubungan dengan alam semesta dengan upaya mengajarkan
kepada anak saling menyayangi dan menjaga lingkungan hidup yang
ada disekitar.
Actions (login required)
|
View Item |