Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Terhadap Sikap Keberagamaan Remaja di Jorong Batu Hampar Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol

Ramadhan, Putri (2023) Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Terhadap Sikap Keberagamaan Remaja di Jorong Batu Hampar Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Putri_Ramadhan_17329092_6196_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari adanya sebagian remaja yang berahklak kurang baik terhadap orang tua dan bahkan lupa dengan kewajibannya beribadah kepada Allah Swt yang disebabkan tidak pandai mengatur waktu dalam memanfaatkan smartphone. Berdasarkan hal itu penulis menjadi tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan fokus masalah “Bagaimana dampak negatif penggunaan smartphone terhadap sikap keberagamaan remaja di Jorong Batu Hampar Nagari Koto Kaciak kecamatan Bonjol?. “Dengan rumusan masalah sikap keberagamaan remaja di jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, dampak negatif penggunaan smartphone di jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, upaya yang dilakukan untuk memimalisir dampak negatif penggunaan smartphone terhadap sikap keberagamaaan remaja di jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap keberagamaan remaja di jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, untuk mengetahui dampak negatif penggunaan smarphone di jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk memimalisir dampak negatif penggunaan smarphone terhadap sikap keberagamaan remaja di Jorong Batu Hampar Kenagarian Koto Kaciak Kecamatan Bonjol. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data remaja, orang tua dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang penulis gunakan adalah teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sikap keberagamaan remaja di masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Kedua, dampak negatif penggunaan smartphone di antaranya: lalai bahkan malas melaksanakan ibadah, malas belajar, anak sering bergadang sampai larut malam, telat bangun pagi, kurangnya komunikasi dengan orang tua, kurang rasa empati terhadap sesama, tidak menghiraukan menasehati orang tua, kurangnya rasa hormat dan peduli baik dilingkungan keluarga maupun social, anak-anak lebih mementingkan diri sendiri. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk menimalisir dampak negatif penggunaan smartphone terhadap sikap keberagamaaan remaja antara lain: menyuruh anak melaksanakan sholat, mengaji, mengontrol smartphone anak, mengatasi waktu bermain anak, menegur dan bahkan ada yang sampai menyita smartphone anak, menghidupkan kembali kegiatan remaja masjid dan himbauan kembali ke surau bagi para remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorIkhlas, AlUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:25
Last Modified: 22 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48459

Actions (login required)

View Item View Item