Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Illahi, Thomasna (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_THOMASNA_ILLAHI_18053083_7349_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hubungan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan audit report lag (ARL) pada perusahaan-perusahaan di sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Tujuan penelitian untuk menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan penerbitan laporan audit eksternal, dan memberikan informasi yang berharga tentang efisiensi dan transparansi praktik pelaporan keuangan dalam sektor ini. Sampel yang digunakan perusahaan properti dan real estate, menggunakan analisis regresi data panel untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap ARL. Hasil penelitian mengungkapkan bukti dari hubungan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan ARL. Pertama, ukuran perusahaan menunjukkan korelasi negatif tidak signifikan dengan ARL. Kedua, profitabilitas menunjukkan hubungan negatif yang signifikan dengan ARL, yang menunjukkan perusahaan dengan profitabilitas yang lebih tinggi cenderung memiliki prosedur pelaporan keuangan yang lebih efisien, menghasilkan audit report lag yang lebih singkat. Terakhir, leverage menunjukkan hubungan positif signifikan dengan ARL, yang menunjukkan bahwa perusahaan dengan rasio utang terhadap aset yang lebih tinggi mungkin mengalami keterlambatan laporan yang lebih lama karena meningkatnya risiko keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOknaryana, OknaryanaUNSPECIFIED
CorrectorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorArita, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT REPORT LAG
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:25
Last Modified: 22 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48457

Actions (login required)

View Item View Item