Kelayakan Masker Gel Peel Off Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) Kombinasi Bunga Melati (Jasminum sambac L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat

Rahmatillah, Elsa (2023) Kelayakan Masker Gel Peel Off Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) Kombinasi Bunga Melati (Jasminum sambac L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ELSA_RAHMATILLAH_19078009_3182_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Jerawat salah satu faktor utama yang dapat mengganggu penampilan pada kulit wajah. Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan masker wajah. Jenis masker yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masker gel peel off berbahan dasar alami daun pepaya kombinasi bunga melati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan masker geel peel off ekstrak daun pepaya kombinasi bunga melati, mengetahui kelayakan masker dilihat pada uji laboratorium (flavonoid, alkaloid, pH dan homogenitas), uji organoleptik (tekstur, aroma, daya lekat) dan uji hedonik (kesukaan panelis) untuk perawatan kulit wajah berjerawat. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah daun pepaya dan bunga melati. Terdapat 2 variabel penelitian, variabel bebas yaitu masker gel peel off ekstrak daun pepaya kombinasi bunga melati dan variabel terikat yaitu flavonoid, alkaloid, pH, homogenitas, organoleptik dan hedonik. Pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan lembar instrumen penilaian. Teknik analisis data organoleptik dan hedonik menggunakan analisis data kuantitatif persentase dan diagram lingkaran. Hasil pengujian flavonoid dan alkaloid pada konsentrasi sediaan F1=3%(-), F2=5%(-), F3=7%(-), uji pH F1=5,10, F2=4,99, F3=5,06 dan uji homogenitas F1,F2 dan F3 adalah homogen. Pada uji organoleptik, hasil data uji organoleptik terhadap tekstur masker gel peel off perlakuan F1, F2 dan F3 adalah sediaan masker dengan tekstur kental F1=71%, F2=42% dan F3=57%. Hasil uji organoleptik pada aroma sediaan masker disimpulkan mempunyai beraroma khas bunga melati sediaan F1=72%, F2=72% dan F3=71%. Hasil uji organoleptik terhadap daya lekat masker dapat disimpulkan sedian masker F1=57%, F2=42% dan F3=81% mempunyai daya masker yang lekat. Pada uji hedonik panelis sangat menyukai masker gel peel off ektrak daun pepaya kombinasi bunga melati pada sediaan F3 dengan persentasi 57% dan untuk perlakuan yang tidak disukai pada perlakuan F2 sebesar 14%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:41
Last Modified: 22 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48436

Actions (login required)

View Item View Item