Pengaruh Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan terhadap Revisit Intention di Kota Padang (Studi Kasus Daya Tarik Wisata Pantai Padang)

Mulyani, Meshy (2023) Pengaruh Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan terhadap Revisit Intention di Kota Padang (Studi Kasus Daya Tarik Wisata Pantai Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Meshy_Mulyani_19135107_4562_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya fenomena terkait citra destinasi, kepuasan wisatawan serta revisit intention di Daya Tarik Wisata Pantai Padang. Beberapa fenomena yang perlu diperhatikan termasuk fluktuasi data kunjungan, minat yang rendah untuk berkunjung kembali, keberadaan pengamen, fasilitas umum yang stersedia, dan isu-isu lingkungan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah citra destinasi dan kepuasan wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap revisit intention di Daya Tarik Wisata Pantai Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer serta sekunder. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) yang sudah diuji validitas serta reliabilitasnya menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis melalui uji regresi linear berganda dengan SPSS versi 26.00 menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 secara signifikan mempengaruhi Y, dengan F hitung 12.159 dan signifikansi 0.000 maka hipotesis (H3) diterima, Variabel citra destinasi berada pada kategori cukup baik (64,78%), kepuasan wisatawan pada kategori baik (69,36%) dan revisit intention berada pada kategori cukup baik (57,37%). Ditemukan hasil nilai R Square sebesar 0,200, mengindikasikan bahwa variabel X1 dan X2 berkontribusi sekitar 20% terhadap Y, sementara 80% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Adek KurniaUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:41
Last Modified: 22 Nov 2023 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48435

Actions (login required)

View Item View Item